Ikan Raksasa Arapaima Gigas | Aneh Tapi Nyata | Ikan Terbesar

Ikan Sebesar Manusia ini Bikin VIRAL di SPBU Aceh, Ikan Arapaima Gigas | Educational Fish Ponds

Kali ini kita akan membahas tentang Ikan Arapaima, ikan yang dikenal dengan sebutan ikan raksasa.
Untuk lebih jelasnya silakan ikuti video ini sampai habis ya, tapi sebelum kita lanjutin subscribe dulu dan aktifkan tombol loncengnya supaya tidak ketinggalan Video2 berikutnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjelaskan berbagai karakteristik dari ikan Arapaima gigas yang merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia dari perairan daerah tropis Amerika Selatan, ikan ini sangat berbahaya dan invasif bila dibudidayakan di Indonesia.

Habitat asli spesies ikan arapaima berasal dari Sungai Amazon yang mempunyai iklim tropis. "Sehingga penyebarannya ada pada daerah iklim tropis, di antaranya Indonesia, Australia bagian utara, Papua Nugini, Amerika Selatan," kata Ibu Rina yg merupakan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan KKP.

Dengan demikian, peluang penyebaran di Indonesia cukup tinggi. Sebab, pada prinsipnya penyebaran secara alami bisa terjadi pada daerah yang beriklim sama dengan habitat aslinya, padahal keseluruhan spesies Arapaima itu bersifat invasif.

Selain itu, ikan Arapaima juga jenis ikan predator yang bisa memakan hampir semua hewan yang bisa ditelan, terutama ikan yang berukuran kecil dan satwa lain yang ada di permukaan air.

Makanya teman2 harus hati2 ya kalau mau melihat ikan arapaima di kolam ini, jangan dekat2 dan harus jaga jarak, biar kita gak di telan sama ikan raksasa ini.

Arapaima gigas termasuk ikan bersifat kompetitor. Artinya, mereka bersaing dengan jenis ikan lain untuk mendapatkan makanan terutama memangsa ikan yang lebih kecil.

Teman2 pasti heran, kenapa dalam kolam ini ikan arapaima tidak memangsa ikan lainnya?

Jawabnya adalah.. karena ikan arapaima dalam kolam ini dipelihara sejak kecil, jadi spesies ini sudah bersahabat dengan ikan2 lainnya.

Lain halnya dikolem Edukasi ini, kolam yang berlokasi dalam komplek SPBU BEUREUNUEN kota sigli ini selalu dalam pengawasan BKIPM ACEH  "Badan karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan Aceh".

Ikan ini bersifat karnivora, makanan utama ikan Arapaima  adalah ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil, meskipun terkadang ikan tersebut bisa memakan unggas, katak, atau serangga yang berada di dekat permukaan air.

Ikan Arapaima gigas juga dikenal sebagai pembawa parasit golongan protozoa, serta dapat melukai manusia, di mana saat dewasa ukuran mereka bisa mencapai lebih dari dua meter dengan berat tubuh lebih dari 200 kilogram.

Jadi kalau teman2 mau lihat ikan arapaima secara langsung, silakan datang ke SPBU bernun, 12 KM sebelum Kota Sigli kalau dari arah Medan.

Bukan hanya ikan arapaima saja dipelihara dalam kolam ini, mata teman2 akan dimanjakan oleh berbagai jenis ikan lainnya, seperti ikan bawal, lele Dumbo raksasa, ikan belut besar, ikan gurami, Ikan Mas, Ikan Patin, ikan sapu-sapu dan belasan ikan hias dan cantik lainnya, bahkan kura-kura juga ada loh disini teman2..

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK MELIHAT VIDEONYA..
JIKA BERMANFAAT SILAKAN SHARE YA? TKSH.



Comments